Wednesday, February 8, 2017

Aberdeen activities : Masak Martabak Manis - Februari 2017

6:46 PM Posted by Kaki Rima No comments
Dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan di Aberdeen, salah satunya saya juga selalu memasak makanan khas Indonesia. Hehehe.. baik cemilan maupun makanan berat, karena tinggal jauh dari tanah air tak lantas membuat lidah saya kebara-baratan, hehehe.. saya masih suka petis plus gorengan atau sayur bayam dikasih tempe.

Nah, kali ini, saya ingin membagikan resep dari makanan ringan favorit saya. Biasanya di Indonesia, saya suka membeli ini sebagai cemilan, namun, setelah saya menikah, saya belajar untuk membuatnya sendiri. Karena saya merasa bahwa suami dan anak-anak saya berhak mendapat cemilan ciamik buatan ibunya sendiri, hehehe.. 

Silahkan diikuti ya resepnya, gengs.. :)

RESEP MARTABAK MANIS

Bahan yang diperlukan:

8 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
2 sdm gula pasir
Air secukupnya
1 butir telur ayam dan kocok
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt ragi
1 sdt garam
susu cair/susu bubuk secukupnya

ket:
sdt; sendok teh
sdm: sendok makan

Cara membuat :
1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, gula, baking powder, dan ragi menjadi satu dan aduk hingga rata;
2. Tambahkan kocokan telur pada bahan yang sudah dicampur, aduk, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Pastikan bahwa komposisi air seimbang dengan jumlah adonan. Tentukan sendiri takarannya. Pasti bisa! hehe..  
3.  Setelah rata, diamkan selama 60 menit dengan ditutup oleh tisu atau kain bersih diatasnya;
4. Setelah 60 menit, tambahkan baking soda ke dalam adonannya, aduk hingga merata;
5. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, aduk.
6. Tuang di atas teflon dengan api mengecil, tunggu hingga muncul di atasnya lubang-lubang, setelah itu tutup dengan penutup teflon. Pastikan api kecil agar tidak gosong di bawahnya, karena kita tidak menggunakan mentega;
7. Matang, sajikan, taburi sesuai dengan toping yang diinginkan.


Inilah hasil martabak saya, meski tidak fotogenik, hahahha, tapi yang pentingnya rasanya. :) cocok untuk udara musim dingin disini. :)

Selamat mencobaaaaaa.. ^^

0 comments: