Tuesday, March 11, 2014

Pengalaman Nonton Teater at TIM: Demonstran by Teater Koma

10:18 AM Posted by Kaki Rima No comments
Hulaaaaa... :))
Setelah sekian lama ya pemirsaaaaa, kita berjump-jumpooo lagiii.. hihiihiii..
Kali ini saya mau share ttg pengalaman pertama saya melihat teater live di Jakarta, :p
Malu sebenernya bilang gitu, secara ini adalah tahun keempat saya tinggal di Jakarta, tapi baru pertama kali ke Taman Ismail Marzuki buat nonton teater ini, hehe..

Berawal dari kegiatan mencari-cari di google tentang hal-hal yang ingin saya lakukan selain bungee jumping, hahaa.. tercetuslah ide nonton teater. Nah, karena saya hanya tau 1 teman yang memiliki interest di bidang seni satu ini, jadi saya menghubunginya pemirsaaa.. dan lebih dari sebulan kemudian, dia memberi tahu kalau Teater Koma sedang merayakan hari jadinya yang kesekian (seperti biasa, saya lupaaa pemirsaaaahhh, mski udah dikasih tau bolak balik.. -,-")

Tanggal 6 Maret 2014 pun tiba, pulang kantor saya buru-buru ke TIM, ternyata gak macet, hahaha.. senangnyaaa.. pertunjukan dimulai jam 7.30 pm dan saya sudah sampai disana jam 6.30 pm, haha.. *sumpah semangat imit* tapi karena teman saya belum datang, jadi saya nunggu dia di dalam mobil sambil telepon-telepon, hahaa.. mengenaskan!

Intinya pas udah masuk gedung dan liat acaranya, saya ngowohhh pemirsahhh.. :))
Terakhir saya melihat acara seperti ini adalah di tahun 2013, tapi di Bangkok, Thailand. Nama pertunjukannya Siam Niramit, jujur, saya terkesan banget sama acara itu, jadi gak nyesel duduk di VIP seat, hahaa.. jelas dan menyenangkan. ^^ Jadi saya berharap ketika saya nonton teater di Indonesia, saya akan mendapati pertunjukan model seperti itu.

Overall, bagus!
saya suka (karena saya suka teater sih), tapi seandainya boleh mengeluarkan pendapat, maka ada beberapa hal yang ingin saya utarakan:
1. Waktu pergantian setting tempat, akan lebih unyu kalau semuanya tidak terlihat penontonnya, seperti mas-mas atau mbak-mbak yang angkat-angkat meja atau bangkunya. Lebih distrategikan misalnya, mungkin dengan menutup tirai?
Kalau boleh disandingkan demi kemajuan dunia teater Indonesia ya, mohon ijin, hehe.. Kalau di BKK, semua sangat rapi dan saat ganti adegan, pasti ganti settingan backgroundnya. Mungkin karena kalau Siam Niramit pasti disittu ya tempatnya dan diadakan berkali-kali jadi propertinya udah pasti itu kali ya? hehe.. Kan kalau yg di TIM, gedungnya digunakan utk banyak sanggar teater. yayaya.. bolehlah dimaklumi. Tapi akan lebih mengesankan lagi kalau bisa seperti di Siam Niramit. ^^
2. Karena perginya bareng temen saya yang suka duduk di tribun, jadi saya ikut aja, tapi sayangnya duduk di tribun tidak membuat saya dengan nyaman menikmati acaranya, hahaa.. karena postur tubuh saya yang mungil, saya harus duduk di ujung tempat duduk karena tembok di depan saya lumayan tinggi, jadi kalau saya duduk menggeser ke belakang, saya cuman bisa liat layarnya aja, hahaa.. apes banget pokoknya. Tapi yang itu, gak ada kaitannya sama teaternya sih, cuman masalah tembok di gedungnya ajaa dan tinggi badan saya sebenernya, hahaha..
3. Kesempatan foto bareng.
Karena ini adalah pertama kali saya mendatangi acara seperti ini, maka saya tidak tau kebiasaannya, apakah memang kita tdk mendapat kesempatan utk foto bersama dengan pemain teaternya atau bisa tapi waktu malam itu saja yang tidak bisa? hehe.. 
Kalau bisa kan seru tuh, trus ada tukang fotonya, kita cuman bayar sekian rupiah tapi ada souvenirnya, hehe.. Kalau menurut saya sih yaaa, jadi utk orang yg pertama kali ntn teater atau pertama kali ke jakarta dan tidak menetap, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai bahan cerita mereka. hehehe.. menurut saya sih. :))

Tapi, skali lagi, bagus kok acaranya. menghibur.. ^^
berikut saya share beberapa foto yang saya dapat selama di sana yaaa.. 





















Lain kali kalau ada acara seperti ini, insyaAllah saya akan nonton lagiiii.. :)


0 comments: