Sunday, April 21, 2019

How are you, Scotland?

7:52 AM Posted by Kaki Rima No comments
Hey, Scotland.

Apa kabar?
Tahukah kamu kalau sering kali dalam beberapa kali, semua tentang Scotland datang di mimpiku?
Aku kira aku move on ketika pulang ke Jakarta setelah menyelesaikan kuliah di tahun 2017. Memang iya, aku sempat move on, tapi ternyata setiap sudut kota di Scotland benar-benar ku rindukan saat ini.

Tapi, tahukah kamu?
Setelah aku mengenyam pendidikan dan merantau kesana, aku merasa bahwa aku mendapat pengalaman yang luar biasa? Yang bisa kubilang kalau pengalamanku disana membuat aku ingin menjadi orang yang lebih "besar" dan lebih bermanfaat?

Tahukah kamu kalau aku kembali bekerja sbg abdi negara lagi? Aku juga belajar bahasa isyarat karena aku mau menjadi orang yang juga bisa berbicara dengan teman tuli di Indonesia? Aku mau menjadi orang "besar" yang berguna dan bisa menjadi manfaat untuk teman-teman tuli di Indonesia? Itulah alasan kenapa aku mengambil kelas bahasa isyarat ini. Aku mau sekali di hari Sabtu, hari leha-leha nasional, waktunya sebagian terambil untuk mempelajari bahasa isyarat ini. Oiya, Aku juga semakin rajin menulis. Sudah dua tahun semenjak kepulanganku ke Jakarta, aku menjadi rajin menulis. Tak banyak, tapi targetku memang tak mengirimkan tulisan di konferensi dalam negeri. Setahun dua kali, aku menulis untuk dikirim ke konferensi di luar negeri. Tahukah kamu alasannya? Iya, karena aku mau tulisanku dibaca lebih banyak orang. Aku mau menjadi manfaat dan orang tahu apa alasanku menulis tentang tema tersebut. Iyes, karena itu tulisanku, aku ingin tulisanku menjadi kanvas untuk menuangkan perspektifku, kan? wajar kan?

Tahukah kamu seberapa aku ingin kembali sekolah di Scotland? Tapi sekali lagi, menjadi perempuan yang sudah menikah, tentu banyak pertimbangannya. Banyak! Tapi, sekolah tak harus dilakukan dalam waktu dekat ini kan? Masih banyak waktu kan? Nah, sembari menunggu waktu sekolahku datang, aku terus meng-upgrade diri melalui meneliti, membaca, menulis, dan belajar hal lain yang aku suka. Tentunya yang aku suka tapi tetap membawa manfaat bagi orang lain.

Ini semua karena apa? karena ilmu yang aku dapat ketika aku belajar di Scotland!

Oya,
Sebentar lagi, inshaAllah, MK akan meluncurkan berita yang disertai dengan penerjemah bahasa isyaratnya lho. :)

At least, ini dulu yang aku bisa sounding ya, tapi lama-lama, aku mau sekali MK ini bisa menjadi salah satu institusi yang ramah disabilitas. Setuju kan?Iyes, naluri HAM sepertinya sudah mendarah daging nih, hehehe...

HAM yang tak mendukung LGBT tapi mendukung hak-hak disabled person ya. hehehe..
Sekali lagi, ini kanvasku, jadi bebas kan aku menuangkan aspirasiku, yakan?

Scotland, tunggu aku ya. InshaAllah aku akan kembali. InshaAllah. Tunggu ya..


0 comments: