Tuesday, January 24, 2017

Hal utama yang harus diperhatikan saat pertama kali datang ke Aberdeen (Januari 2017)

1:48 AM Posted by Kaki Rima No comments
Well, karena banyaknya pertanyaan yang datang secara privat, maka saya putuskan untuk menuliskan ini di blog. Mudah-mudahan bisa membantu persiapan teman-teman yang akan datang dan sekolah di Aberdeen ya.

1. Transportasi dan Akomodasi setelah kedatangan
Karena pertama kali datang di kota ini rata-rata adalah menggunakan pesawat, maka ada baiknya bila teman-teman mencari tahu terlebih dahulu mengenai transportasi dari arah bandara menuju tempat tinggal teman-teman. Berdasar pengalaman saya, saya dulu tidak langsung ke flat saya, melainkan bermalam selama semalam dulu di daerah city center kota ini. Setelah melepas lelah menempuh perjalanan panjang dan mencoba makanan lokal, keesokan harinya kami baru mendatangi kantor dari agent/landlord kami untuk menuntaskan hal-hal yang berkaitan dengan dokumen kontrak kami. Ribet sih enggak cuman lama, hahaha.. Nah, karena kami membawa 2 koper besar dan 2 koper kecil, jadi naik angkutan umum, bukan merupakan pilihan bagi kami, terlebih kami tidak memiliki akses internet jadi naik taksi merupakan pilihan yang mudah bagi kami. Berapa? sekitar 5-10 pounds kalau dari City Center, yang ternyata bisa 30 menit berjalan kaki, hahaha.. 

Saran: Libatkan PPI setempat untuk masalah ini, bisa jadi bertanya2 terlebih dahulu, atau menanyakan langsung kepada pihak universitas dikarenakan biasanya ada fasilitas penjemputan yang diadakan oleh pihak kampus dan PPI. Namun, bila tidak ada, mandirilah. Terbang jauh dari negara kita bisa-bisa aja, masa dari bandara ke rumah baru gak bisa sih? hehehe.. 

2. Pastikan kita memiliki kebutuhan dasar untuk setidaknya 3 hari pertama setelah tiba di Aberdeen
Kebutuhan dasar yang saya maksud disini tidak hanya bahan makanan ya, melainkan juga selimut, bantal, dan juga alat-alat lainnya. Kenapa? karena angin di Aberdeen ini cukup memukau. Hehe.. Jadi jangan sampai kejadian seperti saya terulang, hehhee.. Jadi di malam pertama kami tinggal di flat kami, kami tidak memiliki selimut yang cukup tebal dan itu sangat cukup membuat saya kapok dan ingin mengingatkan ini kepada teman-teman lainnya.

3. Catat semua hal yang terkait dengan rumah
Nah, ini juga tidak kalah penting. Mencatat semuanya, termasuk di angka berapa meteran listrik di rumah sewaktu pertama kali kita datang. Bahkan kalau perlu foto. Kami memotret semua hal di dalam rumah ini. Gunanya? biar deposit rumah saya balik sih, jadi rencanannya kami mau mengembalikan rumah ini seperti sedia kala. hehehhe dan agar tidak ada yang salah paham ketika tagihan listrik datang. hehehhee..

4. Cari tahu tentang supermarket, tempat halal (bagi muslim), masjid, dan area kampus
Seminggu pertama kami tiba di kota ini, setiap hari kami menjelajah. Entah itu keliling kampus, mengunjungi tempat halal, ke masjid, dan jalan tikus untuk menuju ke kampus. Intinya kami mengeksplor lingkungan sekitar kami. Alhamdulillah ketemu mahasiswa Indonesia juga, jadi kami dibantu sekali untuk tahu banyak hal, termasuk dimana kita bisa meminjam sepeda secara gratis disini. :) Fantastic!

Skalian aja ya ngasih tahu dimana aja kalian bisa cari makanan halalnya. Disini ada toko namanya Fair Deal, Rice 'n Spice itu menyediakan produk2 halal. Jadi kita tetap bisa makan nasi campur ayam dan daging tanpa perlu was-was dan khawatir lagi. :)

Kalau mau beli produk2 makanan dengan harga yang paling murah, disini ada 2 tempat yang harganya bersaing sekali, namanya Aldi dan Lidl. Tapi kalau dari tempat tinggal saya, Lidl cuman 3 menit jalan kaki, jadi lebih hobby ke Lidl daripada ke Aldi yang perlu 35 menit jalan kaki, bisa lelah hayati, hehehe..

5. Pastikan semua urusan kampus sudah beres
Nah, karena urusan di awal banyak sekali ya yang perlu diurus, maka kita sebaiknya bisa mengatur jadwal kita sendiri terkait ini. Contoh: 
Untuk membuka bank, nah, urusan bank bisa jadi menjadi pelik saat kita ingin membuka akun dengan cepat namun antrian appoinment sudah membludak. Solusinya adalah sedini mungkin, buatlah janji dengan bank, setelah kita mencari tahu secara lengkap mengenai kapan kita bisa mendapatkan surat keterangan dari kampus yang menjadi salah satu syarat utk membuka akun bank ini. Atau kalau misal belum bisa mendapat info terkait dengan ini, teman-teman bisa juga membuka akun bank di bank yang cabangnya di daerah city center, yang biasanya relatif lebih sepi antrian appoinmentnya dibanding dengan yang ada di daerah kampus.

BRP
Biometric Residence Permit ini penting banget buat segera diambil ya, karena ada jangka waktunya. Berdasar pengalaman saya, saya mengambilnya di hari ketiga semenjak kedatangan saya kemari. Setelah urusan rumah dan stock makanan beres, saya menempatkan urusan BRP setelahnya. Biar aman aja kalau kemana2, siapa tahu perlu banget nunjukin BRP kan ya? hehehe..

Visa Check
Biasanya pihak kampus akan mengumumkan kapan tepatnya mereka akan mengadakan visa check. Jangan khawatir, infonya akan sampai di email kita kok, jadi kita cuman perlu rajin rajin ngecek email kita. Plus nnti diksih tahu bawa apa aja berkas yang dibutuhkan. Dan kalau tidak salah, kita harus sudah mengambil BRP kita untuk keperluan visa check ini, jadi pastikan semua sudah terorganisir ya.

Ikutin semua kegiatan di kampus, baik orientasi, welcoming party, dan lain sebagainya. Karena kalau menurut saya, bersosialisasi disini itu penting sekali. Setidaknya itu pesan kepala sekolah disini, hehehe.. Jadi kita bisa punya banyak kawan, tetap aktif, sekaligus bisa belajar dengan tenang juga. Temannya alhamdulillah ramah kok, jadi tergantung kita membawa diri aja. Ini cuman beda RW sama RT aja, lainnya sama aja. hehehe..

Hmmm.. saya kira itu ya hal mendasar yang perlu saya bagikan, sisanya tinggal jalani aja. Hehe.. disini gak rumit kok, jadi santai aja. Saya awalnya pun punya pikiran yang gimana-gimana atau takut gak bisa ngerasa aman dan nyaman hidup di tempat yang jelas beda banget sama lingkungan saya dulu, tapi nyatanya setelah dijalani, baik-baik aja. Mengikuti pesan ibu majikan saya, "Dimana langit dipijak, disitu bumi dijunjung." Jadi sepanjang tetap mengingat itu dan mempraktekkannya, inshaAllah kita baik-baik aja. :)

Yuk, sini yukkkk..  

0 comments: