Sunday, June 4, 2017

Tempat Belanja Murah dan Halal di Aberdeen

10:15 PM Posted by Kaki Rima No comments

Hi, inshaAllah beberapa bulan lagi, saya dan suami akan pulang ke tanah air for good! Alhamdulillah. Nah, sembari menulis tugas akir di musim panas semester ini,  saya tiba-tiba kepikiran untuk menulis tempat belanja murah (dan halal) berdasarkan pengalaman saya tinggal di Aberdeen, Skotlandia, United Kingdom. Harapannya kalau ada yang ketik ini di google, informasi ini bisa bermanfaat. Soalnya, tahun lalu, ketika saya mengetik kata kunci seperti itu, saya hanya menemukan satu blog yang menulis tentang ini. Jadi mudah2an membantu meskipun mungkin tidak seperti yang diharapkan, hehehe, tapi alhamdulillah juga PPI Aberdeen kali ini juga membantu sekali teman2 yang ingin tahu mengenai kota ini beserta tempat belanja murah (dan halal)nya. hehehe.. Yuk cus biar gak lama-lama. 

1. LIDL
Di Lidl ini, kita bisa menemukan banyak sekali barang termurah seantero Aberdeen. Saingannya itu ALDI, tapi kalau kalian tinggal di wilayah King Street, tentu menuju ALDI sudah PR sendiri ya. Soalnya saya pernah jalan kaki sekitar 40 menit dan membawa barang belanjaan yang banyak, yang mana setelah ditimbang dan dipikir-pikir, harganya 11-12 dengan yang dijual di LIDL, jadi menurut saya yang tinggal hanya 5 menit jalan kaki lambat disini, buang-buang waktu dan tenaga untuk belanja di ALDI. hahaha.. ditambah lagi, roti yang dijual di ALDI tidak se-fresh seperti yang dijual di LIDL. Ditambah lagi, aura ALDI lebih senyap dibanding dengan LIDL (ahhahaha.. aura!). Oiya, apa saja yang kalian bisa temukan di LIDL? banyak! jadi LIDL ini sejenis swalayan gitu, jadi banyak yang bisa dibeli, seperti sayuran, buah-buahan, beras, minyak goreng, keju, susu segar, banyak! Oiya, TIPS untuk belanja di LIDL! Hahaha, setiap minggu LIDL akan mengadakan semacam Sale of The Week! Jadi kalau misal minggu ini dia kasih diskon untuk harga Onion, biasanya dari 83 pence menjadi 63 pence, menurut saya, beli saja sebanyak yang kamu butuhkan. Perlu diingat juga biasanya dalam seminggu, kamu perlu berapa onion untuk dicampur dimasakan kamu. Kedua, LIDL ini sering banget "muter" harga, misal: selama beberapa bulan, harga blueberry untuk 500 gram dijual seharga 1 pounds. Nah, bisa jadi di beberapa bulan setelahnya harganya cuman 85 pence, tapi harga Pak Choy yang awalnya 63 pence menjadi 84 pence untuk beberapa bulan setelahnya. Jadi menurut pengamatan saya, itu harganya diputer, bulan ini apa yang murah, bulan itu apa yang murah. Begitu. Hahaha.. Saya ini pengamat harga Pak Choy dari pertama kali saya ada di Aberdeen dari bulan Agustus 2016. Awalnya harga Pak Choy cuman 58 pence, trus pelan-pelan tapi pasti merambat menjadi 63, 87, dan 1 pounds trus sekarang jadi 1 pounds 26 pence. Males kan? hahahha.. 

2. ALDI
Untuk ALDI, saya cuman dua kali belanja disana, abis gitu saya balik ke LIDL terus, karena selain gak sanggup nahan hembusan angin, saya juga lelah harus terus menerus jalan kaki sambil bawa barang. hahaha..

3. FAIR DEAL
Nah, untuk belanja di FAIR DEAL ini, kalian bisa diuntungkan kalau kalian sepulang dari kampus atau perpustakaan. Kenapa? karena eh karena, hehehe, karena jaraknya deket dari SIR RICE DUNCAN LIBRARY. Hhaha.. tapi meski deket, saya masih sering minta gendong suami kalau capek. Iya! Gendong belakang beneran! wkwkkw.. 
Trus, alhamdulillahnya, 100 persen produk yang dijual di toko ini HALAL semuanya! Iyaaaa, HALAL! Alhamdulillah wa syukurilah, ukhti! Jadi kalau abis dari perpus dan males ke city centre, bisalah beli disini, beli daging sapi oke! Beli Ayam oke! Trus disini juga jual penebah lo. Tahu kan? yang buat mbersihin tempat tidur, hahaha.. Ada bumbu rendang juga disini. Jadi kemarin kami sempat masak rendang yang udah di-marinate selama 42 jam di kulkas. Hikikikikkk.. Tapi ya jangan harap rasa rendangnya jos, ya jos sih sebenernya, cuman ya gitu. enak sih! Hahhaa.. mau bilang kurang greget gak anggup nulisnya! :p Oiya, mana bumbu rendangnya diklaim punya Singapore lagi! Bete! Padahal kan itu asli Indonesia! hu-uh!

Satu lagi, saran saya, sering nanya petugasnya harganya disana, karena sayangnya untuk ukuran toko yang jual produk halal, harga disini tidak tercantum dengan jelas, jadi menurut saya itu sih kekurangannya, lainnya? Alhamdulillah wa syukurilah, ya ukhti!
btw, kalau kalian cari kurma dan madu ukuran besar, bisa nemu disini, kemarin saya beli madu ukuran 1 kilo harganya 4.99 pounds. Lebih murah ketimbang beli yang ukuran beberapa mili tapi harganya 1.99 pounds. 
Seperti sabda Rasul, Rumah itu tidak ada makanan kalau tidak ada kurma dan madu. Jadi kami beli kurma dan madu terus, hehehe.. 

4. RICE and SPICE
Nah, ini deket banget sama City Centre, apa yang kalian bisa temukan disini? menurut saya ini versi mininya FAIR DEAL! Kalian bisa temukan apa saja disini dan HALAL. Alhamdulillah. Mau daging sapi? daging kambing? daging ayam? Jeroan? Kulitnya doang? Monggo dibeli dan dipilih, Hehhehe.. Oiya, Toko Rice and Spice ini ada dua toko, saling berhadapan dan berseberangan, jadi kalau pas di toko A gak ada, nyebrang aja di toko B. hehhee.. 

5. MATHEWS
Saya gak jamin bener tulisannya ya, haha.. tapi saya sering beli disini. Bohong ding! Yang bener, saya belum pernah kesana tapi suami saya yang sering! Ada apa disana? Kalian kangen indomie khas Indonesia? Atau KIMCHI? wkwkwkkw.. Sebagai penggemar KIMCHI sebelum terbang kemari, saya sudah kangen makan KIMCHI di 15 hari pertama tinggal di Aberdeen. Alhamdulillah ada KIMCHI di sini jadi saya minta tolong suami buat beliin KIMCHI disini. hehehehe.. Kalau beli di JAKARTA, saya biasa beli per 1 kilo nya 100rb, kalau disini 500 gram 4.99 pounds, jadi ya beda2 tipis ya. Tapi buat tombo pingin gpplah ya. Hehehhee.. 

6. MORRISONS
Saya pergi ke Morrisons kalau buat beli tinta aja, wkwkwkkw, lainnya, saya lebih suka belanja di LIDL, karena selain lebih ekonomis juga jaraknya lebih dekat dengan rumah saya. :) Oiya, ini juga lebih dekat dengan arah City Centre lo. Hehehe..Jadi kalau kalian tinggalnya lebih ke arah city centre, mungkin bisa pergi kemari. 

7. ASDA
Nah, Kalau ASDA, itu lokasinya berdekatan dengan ALDI. Satu kompleks sih, jaraknya dekat banget juga sama pantai, yang sampai sejauh ini saya belum pernah kesana, hahaha. Bisa juga belanja disini. Toko ini lebih kayak jual peralatan rumah tangga, seperti piring, gelas, baju juga ada, dan barang-barang lainnya tapi juga ada buah, sayur, dan sebagainya gitu. Jadi silahkan coba saja kemari untuk berbelanja kebutuhan anda. hehe..

8. PRIMARK
Nah, kalau ini sebenarnya bukan termasuk tempat belanja makanan ya, tapi diikutin aja karena kalau butuh belanja yang super murah untuk keperluan harian bisa pilih disini. Seperti sprei, bantal, selimut, dsb, silahkan datang kemari. Selain itu disini juga jual seperti jaket, baju tidur, tas, dan lain sebagainya, yang jelas tidak ada makanan yang dijual disni. heheheh

Oke, jadi 8 toko diatas adalah toko yang bisa kalian datangi selama kalian tinggal di Aberdeen untuk memenuhi kebutuhan kalian ya.

Mudah-mudahan informasinya bermanfaat. 

Good luck!

Cheers,

R


0 comments: