Saturday, March 11, 2017

Mengurus Visa Schengen VFS Austria dari UK: Maret 2017

3:14 AM Posted by Kaki Rima No comments
Hallo semua, jadi hari ini saya ingin berbagi pengalaman mengajukan aplikasi untuk visa schengen melalui VFS yang ada di kota Edinburgh untuk tujuan negara Austria, untuk keberangkatan April 2017. 

Jadi alasan kenapa saya mendaftar melalui Austria dikarenakan selama 9 hari kepergian saya ke Eropa, memang tujuannya adalah negara Austria saja. Kebetulan saya mengikuti lomba MCC yang diadakan disana, jadi ya sudah mengurusnya langsung sesuai negara tujuan saja, hehehe..

Jadi, untuk informasi lebih lanjut, teman2 bisa cari tahu melalui  http://vfsglobal.com/austria/uk/. Di blog ini, saya akan menulis mengenai apa saja yang saya siapkan sesuai pengalaman saya pagi tadi (10 Maret 2017).

Berkas yang dibutuhkan adalah:
1. Formulir Aplikasi yang sudah diisi lengkap dan ditanda tangani tiga kali di kolom yang sudah disediakan ya. Boleh menggunakan tulisan tangan kok, dan menurut saya baiknya menggunakan tinta warna hitam saja. Hehehe..
2. Paspor Asli yang masih berlaku dan fotokopinya. Fotokopinya meliputi bagian yang ada identitas kita, visa schengen yang kita dapatkan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Karena kebetulan saya baru dapat Desember 2016 kemarin, hahaha, jadi saya juga foto kopi visa schengen yang kemarin saya dapat dari kedutaan Belanda. 
3. BRP Asli (ditunjukkan saja) dan foto kopinya.
4. Foto kita, ukuran pasport foto ya. 1 lembar aja. 
5. Surat keterangan, kalau saya enrollment letter yang minta dari kampus, hehehe..
6. Hotel dan tiket pesawat yang sudah dikonfirmasi. Yang ini saya gratis dari kampus jadi hore hore ninja. alhamdulillah, hehehhe
7. Travel insurance, yang mengcover biaya medical expences minimum 30.000 euro. (ini dibantu suami beli dari moneysupermarket)
8. Bank account statement selama tiga bulan terakhir. Ini saya tinggal minta aja di TSB, hehehehe.
9. Dokumen lain: kalau saya mendapat supporting letter dari UNCITRAL, yang menerangkan mengenai permohonan dibantu dimudahkan karena lomba yang saya ikuti. 

Itu disiapkan seperti urutannya saja, nanti sewaktu di VFS yang ada di pulau lain ini, hehehe, inshaAllah akan dibantu sama petugas disana. 

Total untuk biaya pembuatan VISA sekaligus biasa lainnya adalah 92.95 pounds. Bayarnya pakai kartu saja kalau saran saya, soalnya kalau cash, katanya gak nyediain kembalian sih. hehehe.. 

Berapa lama waktunya? kata mbak nya tadi sih 15 hari kerja, tapi tadi siang sekitar jam 1, ada email yang bilang kalau applikasi saya sudah sampai Manchester. Mestinya langsung diproses sih ya. 

Hehehehehhee..

Proses kali ini alhamdulillah jauh lebih cepat dari yang pertama ngurus visa buat ke Belanda. Mungkin karena sudah kali kedua jadi saya bisa lebih ada bayangan ya jadi merasa lebih santai. hehehe..

Sekian dulu yaaaa sharing infonya, sedikit lelah soalnya, hehehee.. 

Dadadaaaaaaaa...

0 comments: