Sunday, September 11, 2016

Pengalaman Mengurus VISA UK Student Tier 4 : Agustus 2016 (Beasiswa LPDP)

3:51 AM Posted by Kaki Rima No comments
Yap! Sekarang memang sudah bulan September, tapi saya masih juga menulis kenangan masa lalu (baca: bulan lalu), hehehe... Maapkeunnn! Karena pindah ke suatu negara yang jauh dari tanah air ternyata memang menyita perhatian, jadi memang baru sempat menulis ketika saya sudah berada di UK. Tentu saja menulisnya harus dalam keadaan hangat dan kenyang, hehhe, karena angin Skotlandia benar-benar tidak pernah main-main ketika meniup kota tua cantik ini. :)

Well, iyap! Saya memang berada di sini karena keberhasilan saya meyakinkan pihak sponsor untuk membeli cita-cita saya, yang tentu saja dibantu doa kuat, selain dari saya, dari kedua orang tua dan keluarga besar saya yang ada di Jawa Timur tentunya. Siapakah pihak sponsor ituuuu???? tetetetetet... *apa sih* hahaha.. iyaaaa.. LPDP.. (LPDP membangun negeri.. langkahkan kaki dengan pasti tanpa raguuuu.. *malah nyanyi) :D

Jadi buat teman-teman yang masih mencari sponsor, yuk cinnnn daftar dan penuhi persyaratan LPDP yaaaa.. *skilas iklan*

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lanjutttt...

Beberapa saat lalu, kawan karib saya, Mia, saya sih manggilnya gak Mia, bukan meauw juga, tapi saya suka panggilan Superstar! Hehe.. panjanglah latar belakang mengapa saya memanggil Mia dengan panggilan itu. Intinya Superstar sudah mengingatkan saya untuk menulis pengalaman saya ini di blog dan setidaknya dengan diiming-imingi janji kalau dia bakal jadi pembaca setia blog saya ini, hehehe.. *sukanya diiming-imingin nih saya* 

Nah, jadi untuk memulai perjalanan ini, hal yang harus ada di top priority list kita adalah VISA. Apa itu VISA? Visa adalah surat ijin dari suatu negara untuk menerangkan bahwa ybs boleh masuk/tinggal/ngapa-ngapain di negaranya. Ngapa-ngapainnya memang ngapain? Ya banyak, tergantung jenis VISA nya. Boleh untuk belajar, untuk wisata, untuk bisnis, untuk kunjungan, atau apa aja. Tergantung kebutuhan diri kita. Tapi yang akan saya bahas dalam blog ini adalah pengalaman saya pribadi saat mengurus VISA UK : student Tier 4 yang baru saya lakukan bulan lalu, Agustus 2016. 

Langkah pertama:
SIAPKAN BERKAS YANG DIBUTUHKAN. Apa sajakah itu? Banyak. Ada sih di web nya, hahaha.. tapi saya akan tulis dan sebutkan yang saya ingat ya, boleh kalau misal teman-teman mau menambahkan. Saya bukan konsumen suplemen daya ingat, sementara daya ingat saya kadang suka menurun soalnya. hehehe.. But I will do my best. Suer!
Ini dia berkas untuk mengurus VISA Student tier 4 : *cepet mbak, tulis mbak, jangan diulang mulu mbak, cefettttt, hayati lelah mbak*

1. Passport, Kalau belum punya passport silahkan urus dulu, boleh diurus di tempat asal, maupun domisili. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai cara pembuatan Paspport, silahkan ketik di mbah google. :D Hehehe.. Intinya ini wajib punya ya, soalnya kalau kalian belum ada passport, VISA nya nnti mau ditempel dimana? hehehe..
2. LOG/LOS, nah, karena saya dapat pembiayaan dari sponsor jadi ini adalah surat jaminan keamanan finansial saya selama saya disana. Di surat ini biasanya akan tercantum komponen apa saja yang akan dibayarkan oleh pihak sponsor. Dalam hal ini, saya di cover secara menyeluruh, jadi massive banget dampaknya. Alhamdulillah. Oiya, LOG itu Letter of Guarantee. Kalau LOS adalah Letter of Sponsorship. Saya sih kemarin hanya mencantumkan LOG saja, tapi beberapa teman mencantumkan keduanya atau malah LOS saja. Sejauh ini sih semua granted ya VISA studynya, jadi mungkin keduanya bisa. :)
3. LOA dan CAS, nah kalau ini singkatan dari Letter of Acceptance dan saya lupa yang CAS singkatannya apa. wkwkwkw..  Biasanya kampus akan memberikan ini kepada maba nya apabila yang bersangkutan sudah akan berangkat, dinyatakan diterima, baik secara conditional maupun unconditional. Khusus untuk CAS, biasanya sih yang dapat adalah mereka yang sudah mendapat LOA Unconditional ya, tapi apabila dalam beberapa hal pihak kampus setuju untuk mengeluarkan CAS ya tidak masalah, malah asik kan. Biasanya kondisi ini apabila maba nya setuju untuk les bahasa dulu dan lain sebagainya. Oiya, di beberapa negara namanya tidak harus CAS ya, bisa COE (Confirmation of Enrollment) sekali lagi, kalau gak salah, wkwkwkkw.. :D
4. Transkrip, Ijazah, KK, Akta Lahir, KTP, yang kesemuanya harus diterjemahkan kedalam bahasa inggris melalui penerjemah tersumpah yang diakui oleh pihak UK nya ya. Keterangan lebih lanjut, silahkan buka web mereka ya, saya bener-bener lupa kalau ditnya terkait siapa saja penerjemah tersumpahnya. Tapi, kalau kemarin, saya menggunakan jasa Mas Anang, karena murah, hanya 35ribu perlembar. Sewaktu itu prosesnya 5 hari kerja, saya kirim file via email senin, dan saya diberitahu di awal bahwa dokumen terjemahan akan selesai pada hari Jumat. Its okay lah ya bagi yang tidak terburu-buru, namun ada juga yang butuh cepet maka bisa menghubungi yang sehari jadi. Tapi sekali lagi, silahkan cek kembali web Pihak UK untuk kepastiannya ya. Untuk mas Anang sendiri berikut adalah alamat emailnya: anangf@cbn.net.id atau anangf@gmail.com; untuk alamat lengkapnya iniiii..


Alamat Kantor:
A&P Translation
Jalan Kalibata Timur Raya (Empang Tiga) No. 12 (Depan Alfamart)
RT. 011 / RW. 08 Kel. Kalibata, Kec. Pancoran
Jakarta Selatan
Telp. 798 7953 / 791 98 415

Patokannya: Dari Lampu merah Taman Makam Pahlawan ke arah Pasar Minggu, kira-kira 750m dari Lampu merah sebelah kiri akan ketemu BCA/Holland Bakery, masih maju kira2 30m, ada belokan ke kiri (Empang Tiga), masuk kira-kira 750m cari Alfamart Sebelah kanan, kantor kami berseberangan dengan alfamart

Note: Kantor buka dari hari Senin s/d Jum’at  Pukul 09:00 s/d 17:00 wib (Pkl. 12.00 s.d Pkl. 13.00 Tutup Istirahat Siang)

Sengaja saya biarkan seperti itu ya karena saya paste dari email saya dengan beliau (atau staf)nya, hehehe..

5. Surat keterangan dari tempat kerja, yang ini gak perlu diterjemahin
6. Surat keterangan bebas TBC, ini juga ada rumah sakit yang ditunjuk ya. Jangan asal tes di tempat yang tidak diakui ya. Nanti repot juga dan tidak efektif, daripada ngulang dua kali mending cek dulu ya. Oiya, caranya kita harus bikin janji terlebih dahulu. Tapi kalau beberapa teman menyampaikan kalau kita harus menelepon, tapi karena sekarang jaman udah canggih, kita bisa membuat janji temu dengan aplikasi. Ciamik kan pelayanannnya?hehehhee..

Selengkapnya saya lupa, hehehe.. Oiya, sebelumnya saya mengingatkan bahwa per tahun 2012 kalau tidak salah ya, selain membayar VISA kita juga diharuskan untuk membayar IHS. Tenang, itu sudah jadi satu kok di aplikasi pengajuan permohonannya. Tinggal ikutin petunjuknya saja, inshaAllah bisa kok. Tapi karena dulu saya mengurus sendiri dan akhirnya "budreg", bahasa orang jawa yang artinya udah diatas limit, jadi saya meminta bantuan dari IDP, hahahaha.. tapi sama aja kok, karena kita tetap dibantu tapi diarahkan. Entah saya yang tidak gampang percaya untuk menyerahkan begitu saja atau apa tapi karena namanya bantuan dan tidak membayar apa-apa, jadi saya tetap harus memantau dan terjun langsung juga. Tapi much betterlah daripada cuman mikir sendiri kan?

Nah, nanti setelah mengisi isian di aplikasinya dengan lengkap, jangan lupa untuk mengeprint janji temu untuk pembuatan VISA di VFS ya. Jangan lupa bawa print aplikasinya juga yang sudah ditandatangani. Yang paling penting, tanya! kalau ada yang tidak paham, tanya saja kepada petugas disana saat kalian membuat janji temu. Mereka ada untuk membantu kita, jadi jangan sungkan atau malu ya. :D

Nah, biasanya proses ini akan memakan waktu sekitar 2-3 minggu, untuk lebih tepat harinya saya lupa, cuman kalau memang terburu-buru seperti saya, hehehe, saya menggunakan layanan priority. Itu bisa 4 hari jadi. Sebenarnya tertulisnya 3-5 hari kerja tapi saya baru hari ke 4 alhamdulillah jadi. Kalau hari ke 3 saya agak sangsi sih, saya kiranya malah akan dihubungi hari ke 5, nyatanya enggak, hehehe.. 

Berapa biaya untuk layanan priority ini? kemarin saya kena 2,7 Juta/orang. Ini tidak termasuk ongkir yang kalau wilayah jakarta, seandainya kalian meminta untuk dikirim, belum juga ongkos parkir kalau kalian parkir di sini, hehe. Oiya, tempat pengurusan visa UK ini sekarang pindah. Dulu sewaktu tahun 2013 saya mengurus visa wisata ke UK, saya tidak menuju ke arah mall, sekali lagi saya lupa namanya tapi tiga tahun kemudian, 2016, saya mengurus visa ini ke mall kuningan city? atau kebalikannya? wkwkwkkw.. bukan wilayah main saya, jadi sekali lagi lupa. hehehe..

Well, saran saya, meski kalian membaca beberapa blog, tapi tetaplah mengacu pada website resmi VFS ya, karena mereka adalah agen resmi yang ditunjuk untuk proses pengajuan VISA UK, sementara saya adalah remahan-remahan berlian yang belum ditunjuk oleh siapa saja. ehehehehhe..

Well, mudah-mudahan hal yang saya jelaskan diatas sudah memberikan gambaran secara kilat mengenai pengurusan visa student tier 4 ya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Saya doakan mudah-mudahan proses pengajuan dan pengrusan visanya dimudahkan. Aamiin. Dadahhhhhhh... 

0 comments: