Tuesday, August 7, 2012

Chunking Mansion

10:03 AM Posted by Kaki Rima No comments

Selama mengunjungi Hongkong di Bulan Mei 2012 lalu, saya dan sahabat saya menginap di Chunking Mansion. Saya datang dari arah pelabuhan Tsim Tsa Chui karena saya dan sahabat saya datang dari Macau. Sebelumnya, saya sudah melakukan banyak riset tentang perjalanan dari pelabuhan ini ke tempat saya tinggal selama di Hongkong ini. Ada yang mengatakan jaraknya dekat, ada yang bla, dan bla. Saya menghargai banyaknya artikel yang menjelaskan tentang itu, tapi kalau tidak dibuktikan sendiri, kita tak pernah tahu pendapat orang kan? :)
Karena datang dengan membawa tas ransel di punggung yang berisi makanan, belanjaan di Macau, dan baju2 plus peralatan perempuan yang terbilang sedikit cukup berat, jarak yang seharusnya memang dekat itu nampak sangat jauh. Kami berdua hampir semaput aka pingsan saking capeknya. Tapi capek ini masuk katagori capek senang ya. Saya juga menikmati daerah sekelilingnya kok, pemandangannya, orang2nya.
Masuk Hongkong dari pelabuhan ini, saya bertemu dengan orang2 yang memudahkan perjalanan saya. Setiap kali kami terlihat bingung, ada yang bertanya kepada saya kemana tujuan saya kemudian dia menanyakan saya muslim dari mana sambil menunjuk kerudung saya. Dengan bangga dia mengatakan pada saya bahwa dia muslim dari India. Dan itu terjadi beberapa kali, sampai saya akhirnya menemukan Chunking Mansion yang terkenal untuk backpacker itu. :)

Chunking Mansion
Ya, saya berdiri tepat didepannya. Baru pertama kali ini, saya melakukan perjalanan khusus jalan2 bersama sahabat saya. Pertama kali. Di Luar Negeri kami, di luar wilayah aman kami. Ala backpacker.Chunking Mansion dan gedung2 sebelahnya memang gedung yang cukup terkenal di Hongkong karena sebagian besar yang menginap disana adalah backpacker dari banyak negara. Chunking Mansion juga terkenal dengan hal-hal yang "dicetak miring". Hehe.. Awalnya, waktu saya searching di Internet via agoda.com saya sempat ragu, karena ada yang koment sedikit menakutkan. Tapi begitu saya sampai di depan gedungnya, biasa saja. Yang nampak menakutkan menjadi menyenangkan.
Semalam disini cukup murah, tapi ada juga yang dapat lebih murah dari kami, tapi ya sudahlah. Semalam, saya pribadi hanya cukup membayar 150ribu saja. Ada kawan backpacker dari Indonesia pula, dia hanya membayar 100ribu saja. Sebenarnya Chungking Mansion itu satu gedung yang terdiri dari beberapa nama hostel, ukurannya rata2 sama. Jangan bayangkan luas, kata cukup luaspun tidak, tapi cukup layak untuk ukuran backpacker untuk istirahat dan menruspung (luruskan punggung). Hehehe.. Ada saran juga dari backpacker sebelumnya, karena ukurannya rata rata sama, jadi lebih baik cari yang harganya termurah. :D
Suasana di Mansion ini cukup ramai, ada penjual makanan india dan makanan halalnya, ada penjual nomer perdana, ada money changernya juga. 
Memang ada baiknya kita menukar uang HKD (Hongkong Dollar) dari Indonesia, tapi selama saya jalan2 di sana, ada beberapa money changer yang nilai tukarnya lebih murah jika kita menukarnya di Hongkong kok. Jadi jangan khawatirlah. :)
Chunking Mansion ini sangat strategis lo. Dia dekat sekali jaraknya dengan Avenue Star. Jaraknya cuman 5 menit jalan kaki. Dari Chunking Mansion tengok ke kiri dan jalan terus pasti ketemu. Kalau kalian tengok sebelah kanan trus ada outlet Giordanonya, berarti untuk ke Avenue Star kalian harus berjalan ke arah sebaliknya.
Jika kalian mau belanja merek Giordano, lebih baik kalian jangan beli di dekat daerah sini, karena harganya lebih murah bila beli di Citigate Mall, itu tuh, mall yang dekat tempat wisata Ngong Ping, Patung Budha itu. Serius deh. Saya bandingin ya, saya beli tas koper di Giordani Citigate cuman 160ribu kalau di kurs in. Sementara yang didaerah sini harganya 230ribu. Hehe.. lumayan kan? sementara kalo udah masuk Indonesia, emboh harganya berapa.. :)
Oya, bagi kalian yang muslim, kalau dari arah Chunking Mansion belok kanan ke arah outlet Giordano tadi, trus lurus aja, kalian bakal lihat Masjid di Hongkong. Sayangnya saya belum sempatkan diri sholat disana. :(
Kalau mau makanan halal dan yang pasti, daerah situ ada KFC, MCDnya kok, cuman ya gitu, jangan harap sepaket ada nasinya. Lucunya, nasi disini kayak bonusnya gitu.. :) ya disesuaikan dengan kebiasaan makan penduduk setempat kali ya?
Kalau dari masjid kalian jalan terus, dipersimpangan itu, kalian bakal nemuin gedung bioskopnya. Wakti saya ke sana, promo The Avenger lagi ramai-ramainya, jadi ada robot di situ. Saya poto-poto deh. Di daerah situ banyak banget mall atau toko2 gitu. Lucu2 dan HongKong bangetlah.
Jadi, kalau kalian mau menikmati Hongkong dengan suasana yang sesungguhnya dan murah merdeka, bolehlah sekali-kali coba nginap di Chunking Mansion. InsyaAllah aman. :)

0 comments: