Saturday, September 15, 2018

Short Escape: Kuala Lumpur, Malaysia (September 2018)

7:35 AM Posted by Kaki Rima No comments
Assalamualaikum wr.wb.

Oh my God! Udah lama rasanya gak nulis di blog ini, hahaha.. Yup! Sekarang kesibukan saya teralihkan semenjak saya pulang sekolah hampir setahun lalu. Setelah melewati banyak drama, yang thanks to them, saya mendapatkan banyak pelajaran hidup yang saya akan jadikan sebagai pelajaran untuk melewati hidup ke depan, disinilah saya, kembali ingin menceritakan perjalanan saya tapi khusus perjalanan ke KL! Yes! Meskipun sudah pernah mengunjungi negara lain yang jarak tempuhnya lebih dari 10 jam, saya belum pernah sama sekali ke KL yang jaraknya hanya 2 jam terbang dari Jakarta, terlebih hanya untuk jalan-jalan. Adalah ya sejarah dan alasan personal kenapa saya tidak pernah mau untuk berkunjung ke sini. Tapi akhirnya saya berkunjung juga kesini, tapi tetap, alasannya bukan jalan-jalan, tapi datang ke konferensi hukum di sana. Jadi, karena artikel saya diterima dan harus preentasi, ya udah, berangkat deh ke sini. Kenapa? karena kalau saya tidak datang, tahun ini berarti ada 2 negara yang tidak saya kunjungi meskipun artikel saya diterima. Awal tahun 2018, harusnya saya pergi ke Romania, tapi karena baru pulang banget dari sekolah, rasanya masih malas untuk duduk di pesawat lama lagi. *apakah ini namanya trauma? hahaha

Well, singkat cerita saya, ditemani suami (harus dong ya perginya sama suami kan udah nikah jadi kudu ditemenin suami kemana-mana biar gak ada fitnah) dan kami membeli tiket pesawat tujuan Jakarta-KL PP (berangkat tgl 3 September dan balik tanggal 5 September) itu dapet harga 2.1 juta. Yup! Naik Air Asia! Entah apabila menurut teman-teman harga pesawatnya mahal, tapi buat kami, harga 2.1 juta PP untuk 2 orang itu termasuk murah, apalagi beli tiketnya bukan jauh-jauh hari, karena saya baru mendapat ijin pimpinan untuk pergi ke KL juga tak lama dari waktu keberangkatan. *ingat! saat ini kantor saya masih menangani kasus sengketa pemilukada, jadi jangan harap bisa dapat ijin segampang itu.

Untuk hotel, setelah browsing, karena venue nya adalah Asian International Arbitration Center, jadinya saya gak mau yang jarak hotelnya jauh. Kalau bisa satu gedung, better saya maunya satu gedung aja, hahaha.. Tapi karena gak ada, ya sudah saya rela jalan kaki dari hotel ke tempat acaranya dengan jarak 120 meter, wkwkwkkw.. Best Deal! Nama hotelnya adalah Hotel Majestic! Again, alasan saya pilih hotel ini karena dekat dengan venue, ada fasilitas gym dan swimming poolnya. :)
Karena kami berdua lagi hobby olahraga, suami lagi hobby ngegym dan saya lagi semangat2nya berenang, hehehe, jadi ketika hotel ini muncul pertama di rekomendasi, akhirnya kita pilih hotel ini. Saya sempat bingung mau ambil tipe kamar apa, tapi suami sempat menyeletuk kalau ambil tipe kamar jangan yg junior suite, wkwkwkwk, karena saya bakal lama di acara kan? Dengan berat hati saya memilih kamar dibawahnya *dalam hati sambil doa agar mudah2an dapat upgrade gratis. Nah, untuk harga hotel ini, untuk 3 hari 2 malam, kita dapat harga 2.8 juta, dengan rate RM saat itu 1 RM=3.560 rupiah ya.

Nah, tibalah saat yang ditunggu-tunggu, intinya kami baru tiba di hotel pukul 01.30 dini hari wkwkwk, setelah melewati drama wifi di bandara gak kooperatif, maunya naik grab tapi karena gak ada wifi dan banyak toko yang udah tutup, akhirnya kita naik bis. Dari Bandara ke KL Sentral naik bis cuman 12RM, jadi kali dua cuman 24RM. Jarak tenpuhnya (katanya) 1 jam, tapi alhamdulillah waktu itu 40 menit.Nah dari KL Sentral kita naik taksi, cuman habis 11.5 RM, kita udah kira kalau itu murah banget, tapi begitu naik taksi dan sampaiya cepet banget kita jadi mikir ya ela deket banget ternyata, wkwkwk.
Bagian yang harus disyukuri adalah karena muka kita udah lusuh dan lelah, kamar kita diupgrade ke Junior Suite for free, hahahha.. rejeki istri sholehah.. Terima kasih ya Allah.. kami bergembiraaaa..

Nah, kalau bagian jalan-jalannya, maaf ya gak bisa cerita, bukan karena gak mau, tapi emang gak ada yang diceritakan, wkwkwkw. La wong sebagian besar waktu saya ada di gedung depannya, wkwkkw.. Tapi kami saat itu hanya tukar uang 1.2 juta untuk uang saku, karena makan saya ditanggung panitia dan info dari teman kalau disana murah, jadi kita coba dulu tukar 1.2 juta dengan perkiraan bahwa kita tak akan belanja, jadi itu full buat transport, makan suami, dan jajan suami, ahhahahaha.

Ternyata, jeng jeng! Saat kita pulang, uang RM nya sisa! Masih ada di dompet saya malahan saat saya menulis ini, masih ada 14 RM. wkwkwkwk.. Makan disana masih tergolong terjangkau ya, rata2 sekali makan 5RM tanpa minum. Itu udah kenyang banget kok. Malah sewaktu perjalanan pulang saya dan suami makan di Food Courtnya mall cuman abis 15RM, itu udah seporsi guede sama mimiknya. Jadi alhamdulilah masih irit, berdua lo itu. Bahkan beli bajunya ponakan aja harganya cuman 15RM, kaos buat suami krn suami kehabisan baju cuman kena 13RM. Eits.. itu belinya bukan di mall ya, hahaha.. Tapiiii tetep aja kok mereka lebih murah, contoh ya. Jadi ada headset yang lagi saya incer, merknya Sony, dia kedap suara banget pas saya coba di mall Grand Indonesia. Di GI dijualnya 6.5 juta, nah pas disana mereka jual 1.100 RM. Oke, buyar! Untung saya gak beli di GI, hahahaha.. Jadi emang murah sih.

Nah, itu tadi ya sekilas pengalaman saya pergi ke KL ya. Short Escape sih emang, karena bawa penyegaran untuk pikiran dan otak saya, hahahaha.. Alhamdulillah presentasi berjalan lancar. Tinggal satu kegiatan lagi di bulan Oktober depan: Ikutan Short Course di The Hague, wkwkkwkw.. Emang ya, semakin ada niat gak mau ke Eropa, malah jadinya pergi ke sana mulu. Tapi ini gratis kok, soalnya kantor yang bayar. hehehe..  Tunggu aja cerita dari saya yaaaaa..

Terima kasih sudah berkunjung. :)