Tuesday, September 17, 2013

Berbagi Pengalaman Mengurus Perpanjangan Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat September 2013

11:11 AM Posted by Kaki Rima No comments
Hulaaaa.. :))
Baru tadi pagi, tanggal 17 September 2013,  saya mengurus perpanjangan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat. Sebagai bentuk apresiasi saya terhadap pelayanan di Imigrasi JakPus tersebut, saya langsung memutuskan untuk menuliskan pengalaman saya dalam rangka mengurus perpanjangan paspor. hehe..

Jadi sebelumnya saya sudah melakukan persiapan2 dengan cara browsing, akhirnya saya nemu blog mas chocky sihombing, hehhe.. Thanks God! jadi saya nurut aja persiapan berkasnya PLEK dari blognya beliau. Dokumen yang diperlukan adalah sebagai berikut:
1. Print Hasil Janji Temu via Online.
Bener lo, kalo enggak, gak tau deh antriannya seberapa. saya sengaja pilih hari dimana jam 8 untuk pelayanannya masih kosong dan hari itu jatuh pada hari ini. hihihiihhi.. Soalnya saya paling males kalau kena antrian di nomor di atas 10. Rasanya sesek gitu. *lebayyyyyy* oiya.. bikin janjinya dimana? di hatiku? bukan dong.. Silahkan ke sni https://onlinedpri.imigrasi.go.id/
Silahkan diisi mengikuti alur dan silahkan dicetak. Jangan lupa untuk membacanya ketika mendatangi kantor imigrasi JakPus.

2. Paspor Lama Asli dan juga fotokopiannya.
Silahkan memfoto kopi terlebih dahulu sebelum dibawa ke kantor imigrasi, soalnya daripada ribet pas disananya. hehee.. Mau foto kopi berapapun sebenernya terserah anda, tapi yang dibutuhkan cuman satu kok. Lebih bagus kalau anda menyediakan satu lagi untuk jaga-jaga.

3. Kartu Identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Ini juga jangan lupa untuk digandakan. Ingat, jangan dipotong, biarin aja diukuran A4. Sekali lagi ini cuman dibutuhkan satu saja, tapi kalau saya lebih suka bawa satu lagi untuk cadangan. hehehe

4. Kartu Keluarga Asli (KK) dan copiannya
Yang ini nanti dibawa pulang lagi kok, hanya digunakan untuk mencocokkan data saja.

5.  Ijazah Asli dan copiannya.
Sama dengan KK, ini hanya ditunjukkan saja.

6. Surat Keterangan Kerja dari Kantor dan copiannya.
Kalau yang ini sepertinya tidak harus ya, karena dari blog beberapa teman, ada yang bilang disertakan dan ada juga yang tak mengapa bila tak disertakan. Tapi karena saya sudah buat di kantor jadi sertakan ajalah. hehehe.. yang ini tidak ditunjukkan saja, tapi dilampirkan.

7. Materai 1 lembar.
Untuk apa? kalau teman2 ingin meminta kembali paspor lama, maka petugas akan memberikan satu lembar form yang dibawahnya harus dibubuhi materai. Kalau tidak mau diambil ya gak perlu juga. hehehe..

Itu dokumennya. soal dokumen jelas ya? :)
sekarang kita bahas mengenai alur beracaranya *alah.. alahhhh.. ;)

Begitu saya menginjakkan kaki di tanah kantor imigrasi (halahhh.. halahhh.. hahaha), saya langsung menuju pintu masuk yang mana di depan pintu masuknya ada pos security. hiihhihihi.. setelah menunjukkan hasil print out janji temu, saya diarahkan untuk menuju koperasi kantor imigrasi guna mendapatkan map kuning beserta formulirnya. Di koperasi tersebut nanti akan ditanya nomor antrian. Nomor antrian ini ditujukan kepada mereka yang tidak membuat janji temu via online. Oiya, perlu diketahui, ada 2 cara untuk antri di kantor imigrasi ini. Bisa lewat online dan walk ini alias ngantri manual (pagi-pagian itu). Nanti ketika ditanya mbak2 di koperasi, bilang aja "online mbak" nanti dia psti langsung minta buktinya untuk difoto kopi. Jangan lupa bayar 500. hahaha.. dia bilang bayar 500 untuk foto copinya. saya sempet mikir sih, bukan saya yg minta fotocopi trus bukan utk keperluan saya tapi bayar, hahaha.. 500 pula.. mahal amattttt buat selembar. tpi ya udahlah. haha..

Setelah mendapatkan map kuning saya balik ke pos security, oleh security saya diarahkan untuk aktivasi apalah gitu di kios aktivasi kertas pra permohonan.  Jaraknya? 5 langkah kaki orang dewasa dari pos security yang ada di depan pintu masuk kantor imigrasi. hahahhaa.. trus nanti sama petugasnya di cek, lengkap atau tidak. Karena saya datang jam 7.30 an dan bukanya jam 8, maka saya dipersilakan untuk duduk dan menunggu terlebih dahulu di  ruang tunggu yang ada di dekat pintu masuknya. Jam 8 kurang 5, saya bertanya ke security mengenai alurnya karena saya tidak mendapat nomor antrian. saya bingung, nanti yang dipanggil apanya? atau gimana? karena saya sendiri dan galau karena baru pertama kali ngurus perpanjangan di kantor ini, maka untuk menjawab kontroversi hati saya, saya bertanya. hahahahha..*,*

Info yang saya dapat dari security adalah nantinya petugas akan memberitahukan mana lajur-lajur yang akan digunakan untuk pendaftar online dan pendaftar walk in. Jadi dari situ tinggal ikuti alur aja. Setelah paham, saya duduk lagi. Tapi, jam 8.10, juga belum ada tanda-tanda kehidupan juga, sya mulai gelisah, hahaha.. lebai kan? tapi emang iya, saya gak suka kalau disuruh nunggu lama, sesek rasanya.. :)), akhirnya jam 8.15 petugasnya pakai "halo-halo" mengumumkan pendaftar online di desk no 3, tanpa ba bi bu dan menunggu saya langsung berdiri dan berjalan ke arah desk 3. Melihat saya berjalan, orang-orang mengikuti juga. hahhahaa.. akhirnya saya di depan sendiri. hihihihihi.. mejanya lebih tinggi dari saya, jadi saya harus berjunjit jinjit riaaa dehhh.. setelah itu, saya diarahkan ke sebelah kiri saya untuk mendapatkan nomor antrian pembayaran. Saya mendapat antrian nomor 2. :)) rasanya??? senang, puas dan lega. Gak pake sesek2 waktu liat angkanya, hakakakkk.. setelah itu saya dipersilakan naik ke lantai 2.

nb: staf masih ramah dan membantu, karena masih pagi kali ya? atau memang ramahhh.. :)

Di lantai 2, kita dipersilakan duduk dan menunggu. nanti mereka akan memanggil nomor antrian kita yang diikuti dengan nama kita, ada juga di layar. Jadi gak usah bingung. hehhe..Map kuning dan berkas foto kopian diserahkan di loket pembayaran ini. Berapa hayo kita bayar? betul!!! 255ribu rupiah. Setelah mendapat tanda bukti dan stempel lunas, saya diarahkan untuk menunggu di ruang tunggu untuk proses wawancara dan foto. Dan gak sampai 15 menit, saya masuk untuk wawancara dan foto. wawancaranya? ahhh.. cuman tanya2 biasa aja kok, mau kemana? dsb.. trus bercanda2 sama petugasnya. hiihihhihihi... Fotonya? nanti ada di ruangan yang sama dengan wawancara kok. Easy! hehee.. setelah itu di beri tanda terima penyerahan yang digunakan untuk pengambilan paspor. Selesai! jam 9 udah kelar. hahahaha.. saya ke loket pengambilan paspor tapi katanya gak bisa hari ini, harus besok jam 13.00, tapi ya udah lah yaaa.. yang penting gak pakai antri dan sebagainya, hehhee.. amannnnn..

tips:
ambil antrian pagi lebih memudahkan sih, tapi kalau ada yang berhalangan, jam2 berikutnya juga gpp. Yang jelas, saya memberi apresiasi atas perubahan pelayanan perpanjangan paspor di kantor imigrasi ini. So cool! gak perlu calo dan bertele tele ria. Oiya, per oktober 2013, pembayaran pengurusan paspor lewat BNI. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di website imigrasi aja yaaaa..

Oke? Selamat mengurus perpanjangan paspor guys! :)

0 comments: