Tuesday, June 4, 2013

Berbagi pengalaman mengurus visa UK Mei 2013

12:31 PM Posted by Kaki Rima 4 comments

Tanggal 31 Mei 2013 lalu, saya dan kedua orang tua saya mengurus visa untuk UK di VFS, depan EX plaza, Jaksel. Sebelumnya, saya sudah mengantongi visa schengen (utk mengetahui prosesnya bisa dilihat di link ini http://rimayuwana.blogspot.com/2013/04/berbagi-tentang-pengalaman-mengurus.html).

Sebelumnya, seperti biasa saya gugling dulu mengenai tata cara pengurusan visa UK ini, karena saya tidak mau menggunakan jasa travel aka pingin mandiri, jdi semua dokumen sudah disiapkan dengan baik.
Sebenarnya tidak ada hambatan sama sekali, karena dokumen lainnya sudah siap ketika kami mengurus visa schengen bulan lalu.

Setelah membuat janji temu untuk saya dan kedua orang tua saya, hal yang harus dilakukan adalah melakukan pengisian formulir pengajuan visa secara online dan menge print nya sebagai lampiran dokumen yang harus di bawa. Utk mengisi formulir online nya bisa dilakukan di sini http://www.visa4uk.fco.gov.uk/.

Setelah itu, dokumen yang perlu di bawa antara lain:
1. Paspor dan kopiannya;
2. Identitas diri dan salinannya;
3. Asuransi ini saya tidak tahu ya, tapi saya melampirkannya;
4. Foto Kopi Buku Tabungan;
5. Surat Keterangan Kerja;
6. Untuk slip gaji, saya memakai surat keterangan penghasilan (mudah2an tidak apa apa);
7.Pas Foto (kali ini saya memakai sisa sewaktu mengurus visa schengen dan ternyata terlalu besar, terpaksa saya harus foto lagi. Bayarnya 45rb dapat 4 foto, mayamul lahamnya, hehehe)
8. Bukti Tiket Pesawat (untuk satu ini, saya berangkat dari Paris nantinya dan pulangnya ke Belanda, dan sudah terbayar, jadi saya tidak tau apakah harus yang sudah terbayar atau masih yang baru di booking saja);
9. Bukti Booking Hotel (saya pakai booking.com)
10. Katanya sih ada itinery ticket, tapi saya tidak melampirkannya sih, karena belum ada bayangin mau kemana aja pas di sana nanti), hehehe..

Biaya pengurusannya 1.280.000/orang. Kalo teman teman mau di SMS in, nambah 25rb. 

Kata mbak yang ramah dan baik hatinya sih proses pengurusannya 3 mingguan, jadi nunggu nya boleh sambil berdoa, hehehe.. masih banyak waktu buat doa.. ^,^

Demikianlah pengalaman saya ketika mengurus visa UK, jangan lupa, setidaknya datanglah lebih awal. Saya buat appoinment jam 8, sampai di sana jam 7.15 baru dipanggilnya jam 9 kurang 5. hehehe.. kaget juga sih sama molornya tapi ya udahlah, yg penting harus di ksih ijin pokoknya buat visit UK, hahaha.. aamiin.. aamiin.. aamiin..

Begitulah..
Terima kasihhhh... 
 

4 comments:

Febrianti Arifin (Byan Feby) said...

Mba Rima, mau tanya ya. Waktu apply Visa UK sebelumnya sudah apply Visa Schengen? Berarti nanti perginya sekalian ya dari negara-negara schengen lanjut ke UK? Mohon infonya, terimakasih sebelumnya :)

Unknown said...

iya bu febri, biasanya perginya sekalian dari negara schangen langsung ke UK

Mudah membuat visa inggris
Ke inggris untuk liburan? bisnis?
ataupun studi?

http://ukvisasolution.blogspot.com/

UK Visa Solution
0889.2389.578 (Whatss app)

Kaki Rima said...

Iya betul. Saya kemarin sudah mendapat visa schengen terlebih dahulu baru apply visa uk, karena saya sesuaikan dengan jadwal perjalanan saya.

Saran saya, kalau mau urus visa uk, lebih baik urus sendiri karena pengurusan visa juga gampang dan cepat. Berdasar pengalaman, toh nanti juga applicantnya juga ikut ketika apply visa uk nya. Jdi sama aja boong. Hehehe.. kalau menurut saya ya.

Bahkan saya ke eropa dan uk jg tdk pakai jasa travel, hanya modal buku dan google. Saking mudahnya. ;)

Mudah2an membantu ya

Unknown said...

salam,
bagi yang ingin traveling ke london, dan belum dapet penginapan dan transportasi selama di london, bisa hubungi saya di email: mafath.info@gmail.com
thanks a bunch