Thursday, May 31, 2012

Macau, datang karena BBF.. :) (Part 1)

11:58 AM Posted by Kaki Rima 2 comments

Honestly, awalnya saya tidak tau apa-apa tentang Macau. Sata tahu sedikit tentang Macau, karena saya nonton drama Korea yang judulnya Boys Before Flower. :)
Dari situ, saya mulai cari tahu tentang keberadaan Macau, hehehe.. terbesit keinginan untuk pergi ke sana, hahaha... itulah saya, dulu sewaktu saya kecilpun, saya belajar bahasa inggris karena saya suka boyband, Westlife. Terus saya juga les bahasa Jepang karena saya pingin tahu bisa nerjemahin lirik lagunya Utada Hikaru, hahaha.. gak penting banget ya alasannya. :)
Tapi that's me.. hehehe..
Singkat cerita, akhirnya, karena sesuatu hal yang menumpuk dipikiran saya, saya memutuskan berlibur ke Hongkong. Iya! Hongkong! Busyet kan? kenapa busyet? nekat aja. Travel? No, sendiri, berdua ding lebih tepatnya. Saya masih mikir rasional sebenernya. Dibayangan saya dari buku atau literature yang saya pernah baca, Hongkong itu negara yang guedeeee banget buat orang seukuran saya. Bayangannya macem2 tuh kalau mau pergi sndiri. Takut diculiklah, takut disekap, bius, halah, apa aja ada. Makanya saya ajak temen saya, untungnya dia mau, coba kalo enggak, berangkat sama anginlah saya. Hehe.. oke, back to Macau, Saya ke Hongkong terlebih dahulu untuk pergi ke Macau. Kenapa? Gak Tau. Dapet tiketnya gitu.. :p
Saya sangat excited banget perjalanan ke Macau ini, karena saya sudah baca banyak buku tentang Macau, mulai dari sejarah singkat, sejarah tidak singkat, buku tebal, buku tidak tebal, buku panduan perjalanan, atau apapunlah, dan saya TAKJUB. 
Sebelum berangkat, saya dinasehatin buanyak sama senior saya di kantor. Berbekal itu, saya sedikit jadi takut sendiri. Hehehe.. Tapi ketakutan saya luluh juga saat saya pertama kali menginjakkan kaki di Terminal Ferry Macau. Tak sebagus dan sebesar di Terminal Ferry Hongkong sih, tapi tetep aja bagus. :)
Sempet mau ambil gambar, tapi dilarang sama mas2 imigrasinya.. :p
  ini selebaran form kalau kita mau masuk atau keluar dari Macau. Bahasanya campuran bahasa Portugal gitu. Uniklah, beda atmosfernya sama di Hongkong. :)

Awal keluar dari Terminal Ferry Macau, yang saya cari pertama adalah shuttle bus Venetian. Jadi, Di Macau itu hebat banget, kita sebagai wisatawan bisa menekan ongkos transportasi di Macau hanya dengan naik shuttle bus dari Hotel2 besar yang ada di Macau dan itu FREE lo. Bahasa orang malang, NAYAMUL lah buat nekan ongkos transport. Sekali lagi, jangan bayangkan di Macau sama dengan di Hongkong, karena kereta cepat tak ada disini. Adanya taksi, bis, dan mobil2 keren. hehehe.. saya sempet sedikit mangap2, kenapa disini mobilnya bagus2. 
Terminal Ferry Macau itu sangat dekat letaknya dengan Macau Fisherman's Wharf. Jalan aja cuman 5 menit kayaknya. Saya sangat tidak merekomendasikan anda untuk berjalan dengan membawa tas yang berat dan banyak. Kenapa? Trust me, itu menganggu. Saya tidak tahu pasti apakah ada jalan lain, tapi saat itu saya diharuskan menaiki tangga dan berjalan di semacam terowongan gitu, tapi bukan terowongan, jembatan layang bukan ya? Ya pokoknya sejenis itrulah. Saya jalan dong nelusurin itu sambil bawa2 tas. Busyetlah, pegel tangan saya. Hehehe... Disitu bagus banget sebenernya, cuman saya ke sana pas ujan, jadi lengkap sudah cerita saya, keujanan dengan tas sedikit pegal karena membawa barang bawaan trus naik turun tangga lagi. hahahhaa.. Tapi, i suggest you buat ke sini. :)
Balik lagi ke perjalanan saya, Saya dari terminal Ferry langsung ke Venetian Hotel. Menginap disana? tentu tidak. Saya menginap di Hotel Sintra, dekat dekat Senado Square ataupun Grand Lisboa. Saya pergi ke Venetian karena saya mau naik gondola. Hehe.. Saya pingin naik gondola soalnya saya liat di BBF mbaknya naik gondola, hahahha.. (again). Gondola itu apa sih? Gondola itu bukan kayak di Ancol itu ya. Kalau sebutan Gondola di Ancol kan kayak yang naik cable car atau kereta gantung itu kan? hehe.. Kalau di Venetian ini, Gondola itu naik perahu gitu. Lo kok ada perahu? Iyaaaa.. Jadi di Venetian itu, dilantai 2 nya, ada kayak sungai buatan gitu. Jadi kita naik perahu terus ada mas2 atau mbak2 yang dayungin, uniknya, kadang mereka juga nyanyi. Gak tau deh beda kali ya bayarnya kalau mau nyanyi sama enggak. hehehe..
Terus mas2 atau mbak pendayungnya punya seragam juga looo... seragamnya warnanya item putih kayak seragam madura gitu.. tapi tanpa celurit ya. 
Terus di lantai ini, mereka bener2 ngonsepin kayak di venesia gitu, beautiful warm weather, langit2nya aja ternyata tempelan. Keren dan inovatif deh.
kayak gini suasana di bagian atasnya. Bagussss.. mangap2 saya pas liatnya.. Good Job! :D
Tujuan saya sepulang dari Venetian adalah ke Hotel. Karena hotel saya terletak di Senado Square, jadi saya tanya bis yang tujuannya di daerah Senado. Tapi sayang, dari Venetian Hotel tidak ada bis yang langsung mengarah ke Senado Square. Tapi untungnya, saya diberikan info kalau kita bisa berpindah jurusan bis untuk pergi ke Senado Square. Dari Venetian Macau ke tinggal naik bis ke arah Galaxy Macau yang jaraknya super duper deket dari Venetian Macau. :) Terus dari Galaxy Macau kita naik bis yang arahnya ke Metropole Hotel. Nah, Metropole itu jaraknya 3 menitlah ke Senado Square. Tenang, Macau itu kecil kok, jadi gak bakal kalo nyasar. 
ini perjalanan ke arah Senado Square dari Metropole Hotel.
ini bis di Macau. Hehehe..





 

2 comments:

_rifan_ said...

mbak,, mau tanya dong,, waktu itu rate hotelnya berapaan ya?? trus, di macau apa aja menurut mbak yang musti dikunjungi?? oiya, di macau ada smacam octopus card gak?

Kaki Rima said...

Transportasi di Macau kebanyakan adalah bis hotel mas. Jadi gratis. Saya selama di Macau tidak mengenluarkan uang sepserpun untuk transportasinya. Jadi, misal mau ke alun2nya, dari Venetian misalnya ya, naik aja bis yang arah alun2nya, hehe.. lumayan irit ongkos transportasi.
Rate hotel, kalau gak salah ingat ya, saya kena 800ribu/malamnya. ada yg lebih murah dari itu mas, yg hostel2 gitu, kalau gak salah, saya baca di blog skitar 150ribu/org/malamnya.
Di Macau banyak kok yang bisa dikunjungi, tapi saya waktu itu paling banyak nikmatin wisata yang ditawarin hotel2 di Macau. Trus krn wktu itu rada ujan, jadi nda smpet ke bnyk tmpt mas. lebih lengkapnya tanya ke information centre di Macau deh mas, ada di alun2nya, atau searching aja dari pengalaman teman2 lain yg pernah ke sana lwt google ini. hehheee.. Semoga membantu. :)